RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / Semester 2
Topik :
Teks Recount
Alokasi Waktu :
2 x 45 menit (1 x tatap muka)
Pertemuan ke :
2
A. Kompetensi Inti
KI 1
: Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar
1.1
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.9.1
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks recount sederhana tentang biografi public figure sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.13Menangkap makna dalam teks recount lisan tentang public figure
4.14
Menyusun teks
recount lisan dan tulis sederhana
tentang biografi public
figure dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai dengan konteks
C.
Indikator
1.1 Memiliki rasa
syukur dapat mempelajari bahasa inggris.
2.1 Menunjukkan perilaku percaya diri dan
bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman.
3.9.2
Mengidentifikasi fungsi sosial pada teks recount lisan sederhana tentang biografi
public figure, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.9.3
Mengidentifikasi struktur teks pada teks recount lisan sederhana tentang biografi
public figure, sesuai dengan konteks
penggunaannya
3.9.4
Mengidentifikasi unsur kebahasaan pada teks recount lisan sederhana tentang biografi
public figure, sesuai dengan konteks
penggunaannya
4.13.1 Menemukan
informasi tertentu dalam teks recount lisan sederhana tentang biografi public
figure
4.13.2
Menemukan
makna kata dalam teks recount lisan sederhana tentang biografi public figure
4.14 Menghasilkan teks recount lisan sederhana
tentang public figure.
D. Tujuan Pembelajaran
-
Selama
dan setelah proses pembelajaran siswa bisa mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
-
Selama
dan setelah proses pembelajaran siswa bisa memiliki percaya diri dan perilaku
bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan guru dan teman.
-
Diberi
teks recount berbentuk lisan tentang biografi public figure siswa dapat
mengidentifikasi fungsi social dari teks
-
Diberi
teks recount berbentuk lisan tentang biografi public figure siswa dapat mengidentifikasi
struktur teks
-
Diberi
teks recount berbentuk lisan tentang biografi public figure siswa dapat mengidentifikasi
unsure kebahasaannya
-
Diberi
teks recount berbentuk lisan tentang biografi public figure siswa dapat
menemukan informasi tertentu dari teks.
-
Diberi
teks recount berbentuk lisan tentang biografi public figure siswa dapat
menemukan makna kata dari teks
-
Siswa
dapat menghasilkan teks lisan berbentuk recount tentang biografi public figure.
E. Metode Pembelajaran
Strategi
Pembelajaran : pengamatan, Tanya jawab, unjuk kerja
Metode : scientific method
F. Materi Pokok
Teks recount
lisan sederhana tentang biografi public figure
Fungsi sosial
Meneladani, percaya diri dan bertanggung jawab.
Struktur
-
Menyebutkan struktuk
teks.
-
Menyebutkan unsur kebahasaan dari teks lisan berbentuk recount.
Unsur kebahasaan
-
Struktur
Kalimat : penggunaan tenses Simple Past Tense
-
Menyebutkan
Temporal Conjunction , ex : after that, next, then, after, etc.
-
Makna
kata dala teks
-
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
pendahuluan
|
·
Guru memotivasi siswa dengan
menunjukkan sebuah biografi tokoh terkenal.
·
Guru melakukan apersepsi
dengan menanyakan “Apakah manfaat mempelajari biografi tokoh terkenal dalam
pembelajaran bahasa inggris ?
·
Guru menyampaikan topik materi
kali ini, yaitu tentang teks lisan sederhana berbentuk recount tentang
biografi public figur
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Guru menyampaikan penilaian
yang terkait dengan materi.
|
10 menit
|
Inti
|
A.
Mengamati
o
Siswa
mendengarkan teks lisan sederhana berbentuk recount
tentang biografi public figure
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan, maupun
format penyampaian/penulisannya.
o
Siswa
mencoba menirukan pengucapan dari teks lisan berbentuk recount tentang biografi public figure
B.
Menanyakan
a. Guru menanyakan fungsi social,
struktur teks dan unsure kebahasaan teks lisan sederhana berbentuk recount
tentang biografi public figure.
C.
Mengeksplorasi.
a.
Siswa menyebutkan fungsi social, struktur
teks dan unsure kebahasaan teks lisan sederhana berbentuk recount tentang
biografi public figure.
b.
Siswa mencari teks recount
tentang biografi public figure.
D.
Mengasosiasi
o
Secara
berpasangan siswa saling menganalisis teks recount tulis dengan fokus pada fungsi sosial, struktur,
dan unsur kebahasaan.
o
Siswa mendiskusikan
informasi tertentu dan makna kata dari teks.
o Siswa memperoleh balikan (feedback) dari
guru dan teman tentang hasil analisis yang disampaikan dalam kerja kelompok.
E.
Mengkomunikasikan
a. Siswa membuat teks recount sederhana tentang biografi public figure dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur dan unsur
kebahasaannya.
b. Siswa mempresentasikannya di kelas
|
70menit
|
Penutup
|
·
Guru bersama siswa
menyimpulkan hasil pembelajaran hari ini, serta mendorong siswa untuk selalu
bersyukur atas karunia Tuhan dan senantiasa bersikap ilmiah dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Guru memberikan penghargaan
(misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada siswa yang
berkinerja baik.
·
Guru menyampaikan rencana
pertemuan berikutnya dan meminta siswa untuk mempelajari materi berikutnya.
|
10 menit
|
H. Sumber/Bahan/Alat
a.
Buku paket bahasa inggris kelas
X
b. Kaset/CD
c. Tape
d. Any related source from the internet
I.
Penilaian
a.
Pengamatan sikap
1)
Lembar Pengamatan Sikap
No.
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangn
|
1.
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
||||
2.
|
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta
|
||||
3
|
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
|
||||
4
|
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan Menghargai pendapat orang lain
|
2)
Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubric
|
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
3
|
Menunjukkan
ekspresi mimik wajah senang, ceria, semangat dan gembira dalam menyelesaikan tugas
|
2
|
Menunjukkan ekspresi mimik wajah senang,
ceria, dan gembira tapi tidak
bersemangat dalam menyelesaikan tugas
|
||
1
|
Tidak menunjukkan ekspresi mimik
wajah senang, ceria, semangat dan gembira dalam menyelesaikan tugas
|
||
2
|
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta
|
3
|
Melaksanakan semua tugas secara aktif, dan berinisiatif menyelesaikan
tampa diperintah
|
2
|
Melaksanakan semua tugas secara aktif, dan menyelesaikan tugas menunggu diperintah
|
||
1
|
Melaksanakan semua tugas secara pasif, tetapi tetap mengumpulkan tugas
|
||
3
|
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
|
3
|
Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang
bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
|
2
|
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum
menunjukkan upaya terbaiknya
|
||
1
|
Tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas,
dan tugasnya tidak selesai
|
||
4
|
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab
pertanyaan
Menghargai pendapat orang lain
|
3
|
Bertanya jawab secara aktif , ikut mengemukakan pendapat atau ide, menghargai pendapat siswa lain
|
2
|
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan
atau ide, menghargai pendapat siswa lain
|
||
1
|
Aktif dalam tanya jawab, tidak ikut mengemukaan gagasan
atau ide, kurang menghargai pendapat siswa lain
|
\
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Paraf guru
|
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan baik
|
||
2
|
Melaksanakan apa yang
pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
||
3
|
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
|
||
4
|
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab
pertanyaan
Menghargai pendapat orang lain
|
||
Rata
– rata
|
|||
Nilai: total skor yang diperoleh × 10 =
Total
skor penilaian
b.
Penilaian listening
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Paraf guru
|
1
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
2
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
3
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
4
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
5
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
6
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
7
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
8
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
||
Rata
– rata
|
|||
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Rubric
|
1
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
|
benar
|
0
|
salah
|
||
2
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
|
benar
|
0
|
salah
|
||
3
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
|
benar
|
0
|
salah
|
||
4
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
|
benar
|
0
|
salah
|
||
5
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
0
|
Benar
salah
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
0
|
Benar
salah
|
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
0
|
Benar
salah
|
|
Mengisi kata rumpang dalam text
|
2
0
|
Benar
salah
|
|
total
|
Nilai: total skor yang diperoleh × 10 =
Total
skor penilaian
- Unjuk kerja
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
Rubriknya
|
|||||
1
|
Ketepatan dan
kesesuaian dalam menggunakan struktur teks lisan sederhana berbentuk lisan
|
3
|
Siswa dengan tepat dan lancar menggunakan
struktus teks dalam menghasilkan teks lisan berbentuk recount
|
|||||
2
|
Siswa dengan tepat tetapi kurang lancar
menggunakan struktus teks dalam menghasilkan teks lisan berbentuk recount
|
|||||||
1
|
Siswa dengan kurang tepat dan tidak
lancar menggunakan struktus teks dalam menghasilkan teks lisan berbentuk
recount
|
|||||||
2
|
Ketepatan dan kesesuaian unsure kebahasaan.
|
3
|
Siswa dengan baik dan beragam
dalam menggunakan ragam kata dan secara runtut menyampaikan teks lisan
berbentuk recount
|
|||||
2
|
Siswa dengan baik dan beragam
dalam menggunakan ragam kata tetapi kurang runtut menyampaikan teks lisan
berbentuk recount
|
|||||||
1
|
Siswa kurang baik dan kurang
beragam dalam menggunakan ragam kata dan tidak runtut menyampaikan teks lisan
berbentuk recount
|
|||||||
3
|
Menggunakan
Tekanan, intonasi dan ejaan yang tepat
dalam menyampaikan teks lisan berbentuk recount
|
3
|
Siswa
dengan sangat baik menyampaikan teks lisan berbentuk recount dengan tekanan ,
intonasi dan ejaan yang tepat
|
|||||
2
|
Siswa
dengan cukup baik menyampaikan teks lisan berbentuk recount dengan tekanan ,
intonasi dan ejaan yang tepat
|
|||||||
1
|
Siswa
dengan cukup baik menyampaikan teks lisan berbentuk recount tetapi dengan
tekanan , intonasi dan ejaan yang kurang tepat
|
|||||||
No
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
Paraf guru
|
|||||
1
|
Ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan struktur teks
lisan sederhana berbentuk lisan
|
|||||||
2
|
Ketepatan
dan kesesuaian unsure kebahasaan.
|
|||||||
3
|
Menggunakan Tekanan,
intonasi dan ejaan yang tepat dalam
menyampaikan teks lisan berbentuk recount.
|
|||||||
Rata
– rata
|
||||||||
Nilai: total skor yang diperoleh × 10 =
Total
skor penilaian
LEMBAR
KERJA SISWA
Listen
Carefully The Monolog text and Fill the Blanks in the text with the words under the text.
Tom Cruise
From Wikipedia, the free encyclopedia
Thomas Cruise Mapother IV (pronounced /ˈtɒməs ˈkruːz ˈmeɪpɒθər/; born July 3, 1962), better known by his screen name of Tom Cruise, is an 1............... and film producer. He has been nominated for three Academy Awards and won three Golden Globe Awards. His first leading role was the 1983 film Risky Business,[1] which has been described as "A Generation X classic, and a career-maker" for the actor.[2] 2............ playing the role of a heroic naval pilot in the popular and financially successful 1986 film Top Gun, Cruise 3................ in this vein, playing a secret agent in a series of Mission: Impossible action films in the 1990s and 2000s. 4............. to these heroic roles, he has starred in many other successful films such as Jerry Maguire (1996), Vanilla Sky (2001), Minority Report (2002), The Last Samurai (2003), Collateral (2004) and War of the Worlds (2005). Almost every film he has starred in has achieved blockbuster status, with box office revenues totaling $100-million or more in the U.S.[3] In 2006, Forbes magazine ranked him as the world's most powerful 5...................[4]In 2005, the Hollywood 6.............., Edward Jay Epstein argued that Cruise is one of the few producers (the others being George Lucas, Steven Spielberg and Jerry Bruckheimer) who are able to guarantee the success of a billion-dollar 7.......... franchise.[5] Since 2005, Cruise and Paula Wagner have been in charge of the United Artists film studio,[6] with Cruise as 8........... and star and Wagner as the chief executive. Cruise is also known for his controversial support of and adherence to the Church of Scientology.[7]
In Addition Celebrity
Continued producer
American actor journalist
After movie
Answer the question below orally after you hear
the text above
- What is the text about ?
- What kind of text is it ?
- Mention the social function of the text !
- Find the generic structure of the text !
- Can you find some connectors in the text ? Mention them!
- Who is Tom Cruise ?
- When was he born ?
- What happened in 2005 ?
- What do you learn from the text ?
- Find the meaning of the words below
- Movie
- Screen
- Success
- Won
- Leading role
Find a
public figure, make your monoleg text about his/her biography and present your
monolog orally.
Kunci Jawaban
- American Actor
- After
- Continued
- In Addition
- Celebrity
- Journalist
- movie
- Producer
Kepala Kediri
SMA 2 Kediri Guru Bahasa
Inggris
Drs. Bambang Tutuko M.Si M. Prasojo R
Pembina Tk 1
NIP 19630210 198803 1 007 NIP 19590627 198803 1 005
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar