Today i want to share my duty for making RPP and Syllabus for Senior high school in teaching announcement.
let's check this out..:)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran :
B. Inggris
Kelas / Semester : X/1
Materi pokok : Teks Pemberitahuan
(announcement)
Jumlah Pertemuan : 2 x JP
Alokasi waktu :
4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1.Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang di anutnya.
KI
2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3.Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI
4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
2.
|
1.1
2.3
|
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar.
Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
|
1.1 Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat
2.3.1 Mengembangkan perilaku bertanggung jawab dan
kerjasama dalam mengerjakan tugas
|
3.
4.
|
3.8
4.12
|
Menganalisis fungsi sosial,
struktur teks, dan unsure kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement),
sesuai dengan konteks penggunaannya.
Menyusun teks tulis pemberitahuan
(announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
strukturteks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.8.1 Menemukan
kosa kata baru berdasarkan teks yang diperdengarkan
3.8.2 Menirukan
pelafalan kosa kata yang diucapkan oleh guru.
3.8.3
Mengindentifikasi
informasi tertentu/factual dengan mendengarkan teks narative melalui audio.
3.8.4
Mengumumkan informasi/pengumuman
berdasarkan situasi yang telah disediakan.
3.8.5
Mengidentifikasi
generic structure, fungsi sosial teks.
3.8.6
Mengidentifikasi language feature.
4.12.1Membuat contoh teks pemberitahuan
(announcement)
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran bahasa
Inggris.
2.
Siswa memiliki rasa tangung jawab dan kerjasama terhadap tugas
yang diberikan guru.
3.
Siswa dapat menemukan kosa kata baru
setelah mendengarkan audio dengan benar.
4.
Siswa mampu melafalkan kosa kata baru
dengan lancar.
5.
Siswa dapat menemukan makna kata di
dalam kamus dengan benar.
6.
Siswa dapat mengidentifikasi informasi
announcement yang telah diperdengarkan dengan benar.
7.
Siswa dapat mengumumkan informasi/pengumuman
dengan lancar.
8.
Siswa mampu mengindentifikasi informasi teks
announcement dengan benar.
9.
Siswa mampu mengidentifikasi fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dengan benar.
10.
Siswa mampu menulis announcement
berdasarkan situasi yang telah disediakan.
D.
Materi Pembelajaran
FungsiSosial : memberi
informasi tentang kegiatan apa yang sudah dan akan terjadi.
StrukturTeks :
·
Opening :
Title (menyebutkan kegiatan apa yang dilakukan)
·
Content :
Explanation of the event that holds/ will be held. It consist of:
Date/time (waktu kegiatan yang dilakukan)
Place (tempat terjadinya kegiatan)
·
Closing :
Additional information about the event.
Contact person (seseorang yang dapat dihubungi
jika terjadi sesuatu)
UnsurKebahasaan:
·
Uraian tindakan
dalam Present tense dan Future Tense: will be held, will open, it is hold on.
·
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
1. Media
-
Contoh pengumuman (announcement), mp3
2. Alat
-
Kertas folio, Spidol warna,VCD / Laptop, LCD,
3.
SumberPembelajaran
-
Buku teks wajib (LKS dan diktat) - Suara guru
-
Audio CD/ VCD/DVD
F.
Metode pembelajaran
-
Scientific approach
G.
Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Guru
|
Siswa
|
Tujuan Pembelajaran
|
Alokasi
|
Kegiatan Awal :
·
Salam
tegursapa
·
Apersepsi
dan motivasi
·
Penyampaian
tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti :
1. Listening
·
Give
an audio and questions orally.
·
Give
some words with jumble meaning
·
Giving
models of pronouncing the words
·
Play
the audio
2. Speaking
·
Give
an situation of announcement
·
Give
an example/ model.
3. Reading
·
Give
example of announcement text
·
Give
some words with jumble meaning
·
Ask
student to answer the questions.
·
Explain
the generic structure and language feature of the text
4. Writing
·
Give example
of language feature announcement.
·
Give
situations of announcement
Kegiatan akhir:
·
Refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
·
Member
penugasan berupa tugas mandiri.
·
Mengucapkan
salam perpisahan
|
Kegiatan Awal :
·
Menjawab
salam dari guru
·
Merspon
motivasi yang telah diberikan guru
·
Mendengarkan
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
Kegiatan Inti :
1. Listening
·
Siswa
mendengarkan audio yang diberikan oleh guru dan menjawab pertanyaan secara
langsung.
·
Siswa mencocokkan
arti kosa kata
·
Siswa melafalkan
kosa kata setelah instruksi dari guru
·
Siswa menjawab
soal-soal berdasarkan teks yang diperdengarkan melalui audio
2. Speaking
·
Siswa
mengisi soal-soal berdasarkan situasi yang dipilih.
·
Siswa
mengumumkan informasi/pengumuman berdasarkan situasi yang diberikan guru.
3. Reading
·
Siswa mengamati
teks, membaca dan menjawab pertanyaan
·
Siswa
mencocokkan kata dengan artinya.
·
Siswa
mengisi pertanyaan berdasarkan teks yang telah dibaca.
·
Siswa mengidentifikasi
generic structure dan language feature teks announcement secara berkelompok.
4. Writing
·
Siswa
membuat contoh kalimat berdasarkan language feature announcement.
·
Siswa membuat
contoh announcement berdasarkan situasi yang telah disediakan.
Kegiatan akhir:
·
Refleksi
terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
·
Memperhatikan
informasi yang disampaikan oleh guru
·
Mengucapkan
salam perpisahan
|
1.1
3.8.1
3.8.1.a
3.8.2
3.8.3
3.8.4
3.8.4.a
3.8.5
3.8.5
3.8.5
3.8.5
4.12.1
|
5 minutes
5 minutes
10 minutes
5 minutes
15 minutes
10 minutes
25 minutes
10 minutes
10 minutes
10 minutes
10 minutes
10 minutes
35 minutes
5 Minutes
|
H. Penilaian
1. Sikap Spiritual
a.
Teknik Penilaian :
Tertulis
b.
Bentuk Instrumen :
Learning Journal
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Menulis learning log tentang
kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
|
Lampiran 1
|
d.
Rubrik Penilaian Sikap Spiritual :
No
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
Menggunakan
8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
5
|
2
|
Menggunakan
6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
4
|
3
|
Menggunakan
4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
|
3
|
4
|
Menggunakan
4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
2
|
5
|
Menggunakan
kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
|
1
|
2. Sikap Sosial
a. Teknik
Penilaian : Penilaian Sejawat
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Peer Assessment
c. Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
|
Memberikan penilaian
terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
|
Lampiran Penilaian Sikap 1-3
|
Keterangan :
=
2
Always
=
1
Often
= 0, 5
Seldom
Contoh: Mencentang
untuk seluruh
pernyataan.
= 2 + 2 + 2 = Skor 6
= 2 + 2 + 1 = Skor 5,
dst.
Bila mencentang:
= 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5
SILABUS
Nama Sekolah : SMA
Mata Pejaran : Bahasa Inggris
Kelas /Semester : X/1
Materi
pokok : Announcement
Kompetensi Dasar : 1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Sub-KD
|
Indikator
|
Materi
|
Kegiatan
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber
belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
||||||
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
2.3.1 Menunjukkan perilaku kerjasama dalam melaksanakan komunikasi
fungsional
3.8.1 Menganalisa fungsi sosial dari teks
pemberitahuan (announcement) sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun
teks tulis pemberitahuan
(announcement), sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
yang benar dan sesuai
konteks.
|
1.1
Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat
2.2.1 Mengembangkan perilaku
bertanggung jawab dan kerja sama dalam mengerjakan tugas
3.8.1 Menemukan kosa kata
baru berdasarkan teks yang diamati
3.8.2 Menirukan pelafalan
kosa kata yang diucapkan oleh guru.
3.8.3
Mengindentifikasi informasi umum dan khusus berdasarkan teks pemberitahuan
(announcement)
3.8.4
Mencari makna tertentu berdasarkan teks pemberitahuan (announcement)
3.8.5
Mengidentifikasi generic structure dan fingsi sosial dari teks yang
disediakan.
4.12.1 Menulis teks pemberitahuan (announcement) dari situasi yang telah
disediakan.
|
Teks pengumuman (announcement)
|
1. Siswa
mendengarkan teks announcement.
2. Siswa
menemukan arti dari kosa
kata baru.
3. Siswa
menirukan pelafalan kosa kata yang diucapkan oleh guru.
4. Siswa
menjawab pertanyaan dengan mendengarkan teks pemberitahuan
(announcement) melalui audio.
5. Siswa mempraktekkan teks pemberitahuan (announcement)
6. Siswa mengidentifikasi informasi teks announcement.
7. Siswa menjawab soal-soal berdasarkan teks.
8. Siswa mencari
generic structure dan fungsi sosial dari
teks yang disediakan berkelompok.
9. Siswa membuat contoh kalimat simple present dan simple future tense.
10. Membuat contoh teks pemberitahuan (announcement)
|
Tulis
/lisan
|
2. Repetition
3. Essay
4. Make sentences
5. Make a paragraph
|
1. Observe the audio.
2. Matching the words.
3. Pronounce the words after the teachers’
instruction.
4. Answer the question by listen the audio.
5.
Choosing the situations.
6.
Practice the announcement.
7.
Read the text and answer
the question.
8. Identify the social function, language feature and generic structure
of the text with group.
9. Make two sentences using simple present and simple future tense.
10. Write an announcement by choosing one of the topics below.
|
(2 X JP)
|
Buku teks
wajib (LKS), Internet, audio.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar