Selasa, 08 Juli 2014

RPP and Syllabus Announcement Text

assalamualaikum..:)
Today i want to share my duty for making RPP and Syllabus for Senior high school in teaching announcement.
let's check this out..:)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : SMA
Mata Pelajaran                        : B. Inggris
Kelas / Semester                      : X/1
Materi pokok                           : Teks Pemberitahuan (announcement)
Jumlah Pertemuan                   : 2 x JP
Alokasi waktu                         : 4 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1.Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang di anutnya.
KI 2.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3.Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4.Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.





2.
1.1





2.3


Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

1.1  Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat



2.3.1 Mengembangkan perilaku bertanggung jawab dan kerjasama dalam mengerjakan tugas
3.














4.

3.8














4.12



Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
                                                                                                                                              












Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, strukturteks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.8.1 Menemukan kosa kata baru berdasarkan teks yang diperdengarkan
3.8.2 Menirukan pelafalan kosa kata yang diucapkan oleh guru.
3.8.3        Mengindentifikasi informasi tertentu/factual dengan mendengarkan teks narative melalui audio.
3.8.4        Mengumumkan informasi/pengumuman berdasarkan situasi yang telah disediakan.
3.8.5        Mengidentifikasi generic structure, fungsi sosial teks.
3.8.6         Mengidentifikasi language feature.

4.12.1Membuat contoh teks pemberitahuan (announcement)
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris.
2.      Siswa memiliki rasa tangung jawab dan kerjasama terhadap tugas yang diberikan guru.
3.      Siswa dapat menemukan kosa kata baru setelah mendengarkan audio dengan benar.
4.      Siswa mampu melafalkan kosa kata baru dengan lancar.
5.      Siswa dapat menemukan makna kata di dalam kamus dengan benar.
6.      Siswa dapat mengidentifikasi informasi announcement yang telah diperdengarkan dengan benar.
7.      Siswa dapat mengumumkan informasi/pengumuman dengan lancar.
8.      Siswa mampu mengindentifikasi informasi teks announcement dengan benar.
9.      Siswa mampu mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan dengan benar.
10.  Siswa mampu menulis announcement berdasarkan situasi yang telah disediakan.
D.    Materi Pembelajaran
FungsiSosial          :    memberi informasi tentang kegiatan apa yang sudah dan akan terjadi.
StrukturTeks        :   
·         Opening     : Title (menyebutkan kegiatan apa yang dilakukan)
·         Content      : Explanation of the event that holds/ will be held. It consist of:
                     Date/time (waktu kegiatan yang dilakukan)
                     Place (tempat terjadinya kegiatan)
·         Closing       : Additional information about the event.
                     Contact person (seseorang yang dapat dihubungi jika terjadi sesuatu)
UnsurKebahasaan:  
·           Uraian tindakan dalam Present tense dan Future Tense: will be held, will open, it is hold on.
·           Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
·           Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.

E.     Media, Alat, danSumberPembelajaran
1.      Media
-          Contoh pengumuman (announcement), mp3
2.      Alat
-          Kertas folio, Spidol warna,VCD / Laptop, LCD,
3.      SumberPembelajaran
-          Buku teks wajib (LKS dan diktat)           -    Suara guru
-          Internet                                                     -    www.youtube
-          Audio CD/ VCD/DVD
F.     Metode pembelajaran
-          Scientific approach
G.    Langkah-langkahKegiatanPembelajaran
Guru
Siswa
Tujuan Pembelajaran
Alokasi
Kegiatan Awal :
·         Salam tegursapa
·         Apersepsi dan motivasi
·         Penyampaian tujuan pembelajaran



Kegiatan Inti :
1.      Listening
·         Give an audio and questions orally.


·         Give some words with jumble meaning

·         Giving models of pronouncing the words

·         Play the audio




2.      Speaking
·         Give an situation of announcement
·         Give an example/ model.




3.      Reading
·         Give example of announcement text

·         Give some words with jumble meaning
·         Ask student to answer the questions.

·         Explain the generic structure and language feature of the text


4.      Writing
·         Give example of language feature announcement.
·         Give situations of announcement



Kegiatan akhir:
·         Refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.
·         Member penugasan berupa tugas mandiri.
·         Mengucapkan salam perpisahan
Kegiatan Awal :
·         Menjawab salam dari guru
·         Merspon motivasi yang telah diberikan guru
·         Mendengarkan tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru

Kegiatan Inti :
1.      Listening
·         Siswa mendengarkan audio yang diberikan oleh guru dan menjawab pertanyaan secara langsung.
·         Siswa mencocokkan arti kosa kata

·         Siswa melafalkan kosa kata setelah instruksi dari guru

·         Siswa menjawab soal-soal berdasarkan teks yang diperdengarkan melalui audio


2.      Speaking
·         Siswa mengisi soal-soal berdasarkan situasi yang dipilih.
·         Siswa mengumumkan informasi/pengumuman berdasarkan situasi yang diberikan guru.


3.       Reading
·         Siswa mengamati teks, membaca dan menjawab pertanyaan
·         Siswa mencocokkan kata dengan artinya.
·         Siswa mengisi pertanyaan berdasarkan teks yang telah dibaca.
·         Siswa mengidentifikasi generic structure dan language feature teks announcement secara berkelompok.

4.      Writing
·         Siswa membuat contoh kalimat berdasarkan language feature announcement.
·         Siswa membuat contoh announcement berdasarkan situasi yang telah disediakan.


Kegiatan akhir:
·         Refleksi terhadap kegiatan pembelajaran dan manfaat-manfaatnya.

·         Memperhatikan informasi yang disampaikan oleh guru
·         Mengucapkan salam perpisahan
1.1









3.8.1




3.8.1.a


3.8.2


3.8.3




3.8.4


3.8.4.a






3.8.5


3.8.5

3.8.5
3.8.5






4.12.1
5 minutes









5 minutes



10 minutes



5 minutes


15 minutes




10 minutes


25 minutes






10 minutes


10 minutes

 10 minutes

10 minutes





10 minutes


35 minutes








5 Minutes

H.    Penilaian
1.       Sikap Spiritual
a.       Teknik Penilaian          : Tertulis
b.      Bentuk Instrumen       : Learning Journal
c.       Kisi-kisi                       :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.
Menulis learning log tentang kesyukuran berkesempatan belajar Bahasa Inggris
Lampiran 1

d.      Rubrik Penilaian Sikap Spiritual :
No
Indikator
Skor
1
Menggunakan 8 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
5
2
Menggunakan 6 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
4
3
Menggunakan 4 kata positif dan dua diantaranya adalah kata “God” dan “Thank”
3
4
Menggunakan 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
2
5
Menggunakan kurang dari 4 kata positif tanpa kata “God” dan “Thank”
1

2.      Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian         : Penilaian Sejawat
b.      Bentuk Instrumen      : Lembar Peer Assessment
c.       Kisi-kisi                      :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
  1.  
Memberikan penilaian terhadap diri sendiri tentang nilai tanggung jawab
Lampiran Penilaian Sikap 1-3

Keterangan :
                 = 2
Always
                 = 1
Often
                                      = 0, 5
                     Seldom



Contoh: Mencentang        untuk seluruh pernyataan.
                       = 2 + 2 + 2 = Skor 6

                       = 2 + 2 + 1 = Skor 5, dst.
                     Bila mencentang:
                       = 2 + 1 + 0,5 = Skor 3,5


SILABUS

Nama Sekolah             : SMA
Mata Pejaran               : Bahasa Inggris
Kelas /Semester           : X/1
Materi pokok               : Announcement
Kompetensi Dasar      : 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3  Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.8 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pemberitahuan (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12 Menyusun teks tulis pemberitahuan (announcement), sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Sub-KD


Indikator

Materi

Kegiatan
Penilaian


Waktu

Sumber belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.3.1    Menunjukkan perilaku kerjasama dalam melaksanakan komunikasi fungsional
3.8.1 Menganalisa fungsi sosial dari teks pemberitahuan (announcement) sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.12  Menyusun teks tulis pemberitahuan
(announcement), sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
yang benar dan sesuai
konteks.

1.1  Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat
2.2.1 Mengembangkan perilaku bertanggung jawab dan kerja sama dalam mengerjakan tugas
3.8.1 Menemukan kosa kata baru berdasarkan teks yang diamati
3.8.2 Menirukan pelafalan kosa kata yang diucapkan oleh guru.
3.8.3        Mengindentifikasi informasi umum dan khusus berdasarkan teks pemberitahuan (announcement)
3.8.4        Mencari makna tertentu berdasarkan teks pemberitahuan (announcement)
3.8.5        Mengidentifikasi generic structure dan fingsi sosial dari teks yang disediakan.
4.12.1 Menulis teks pemberitahuan (announcement) dari situasi yang telah disediakan.
Teks pengumuman (announcement)
1.      Siswa mendengarkan teks announcement.
2.      Siswa menemukan arti dari kosa kata baru.
3.      Siswa menirukan pelafalan kosa kata yang diucapkan oleh guru.
4.      Siswa menjawab pertanyaan dengan mendengarkan teks pemberitahuan (announcement) melalui audio.
5.      Siswa mempraktekkan  teks pemberitahuan (announcement)
6.      Siswa mengidentifikasi informasi teks announcement.
7.      Siswa menjawab soal-soal berdasarkan teks.
8.      Siswa mencari generic structure dan fungsi sosial dari teks yang disediakan berkelompok.
9.      Siswa membuat contoh kalimat simple present dan simple future tense.
10.  Membuat contoh teks pemberitahuan (announcement)

Tulis /lisan
1.  Matching words.
2.  Repetition
3.  Essay
4. Make sentences
5. Make a paragraph
1.  Observe the audio.
2.  Matching the words.
3.  Pronounce the words after the teachers’ instruction.
4.    Answer the question by listen the audio.
5.   Choosing the situations.
6.   Practice the announcement.
7.   Read the text and answer the question.
8. Identify the social function, language feature and generic structure of the text with group.
9. Make two sentences using simple present and simple future tense.
10.  Write an announcement by choosing one of the topics below.

 (2 X JP)
Buku teks wajib (LKS), Internet, audio.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar